BLANTERTOKOv130

Printer yang Bagus dan Murah untuk Cetak Foto

Printer yang Bagus dan Murah untuk Cetak Foto

 


Pada postingan kali ini kita bahas tentang usaha cetak foto. Baru-baru ini saya membeli printer Epson L1110 pengganti epson L310. Sedikit saya menjelaskan spesifikasi printer epson ini, untuk hargnya kemarin saya beli dengan harga Rp. 1.850.000 dan tentunya harga printer ini berbeda-beda disetiap kota. Kemudian untuk teman-teman yang mau beli printer atau baru mau memulai usaha cetak foto, printer ini patut teman-teman pertimbangkan dibandingkan dengan printer pendahulunya.

Printer Epson L1110 ini memiliki desain yang praktis ukurannya, yang lebar bisa menyimpan barang diatasnya atau menyimpan kertas foto yang siap untuk dicetak . Dibandingkan dengan Epson L310 yang desainnya panjang dan tidak lebar, sehingga bagian atasnya tidak bisa digunakan. Kemudian Epson L1110 ini tangki tintanya berada di depan jadi sangat mudah untuk melihat isi tintanya, dan kemudahanya pada saat pengisian ulangnya juga sangat mudah, tinggal buka bagian depan lalu masukkan tintanya. Satu hal lagi, pengunci tintanya yang berbeda di setiap warna yang dimana atau bahkan orang awam yang menggunakan printer ini tidak akan salah memasukkan warna tinta dan bukan hanya itu dengan sistem pengunci yang diberikan membuat pengisian ulang tinta pada tangki terhindar dari tumpahan atau tinta yang meluber.

Dibandingkan dengan Epson L310 dimana tangki tintanya berada disamping, dan ketika ingin melihat sisa tintanya sangat repot saat melihatnya apa lagi kalau printer berada disamping dinding dan lebih repot lagi kalau saat pengisian tinta dimana kita butuh ruang tambahan untuk pengisian tinta. Karena kita harus mngangkat tinta saat pengisian ulang.


Untuk spesifikasi cetak fotonya, menurut saya hampir sama kualitas cetakan fotonya sangat bagus, cuman perbedaannya berada di jenis kertas printer yang di dukung. Teman-teman bisa liat untuk printer epson L310 pilihan jenis kertasnya hanya ada 4 kertas polos, epson matte, epson premium glossy, dan amplop, sedangkan Epson L1110 memiliki 8 jenis pilihan kertasnya ada kertas standar, epson ink jet kualitas foto, epson matte, epson ultragilap,epson premium glossy, epson premium semiglos, photo paper glossy, dan amplop. Dan di bagian tempat kertas fotonya ini bisa muat ukuran kertas yang sangat kecil, jadi jika ada kertas foto sisa dengan ukuran yang kecil masih bisa di gunakan untuk cetak foto. Jadi teman-teman bisa hemat dan bisa untung lebih. 


Sekarang kita coba lagi untuk kecepatan cetak fotonya. Untuk kecepatan cetak fotonya, disini kita akan coba dengan ukuran 10R disini saya coba dengan kualitas tinggi kita lihat seberapa cepat printer ini dalam cetak foto dengan kualitas tinggi dengan ukuran 10R. Pada postingan ini kurang lebih 5 menit. Untuk ukuran 10R mencetak fotonya dengan kualitas standar kurang lebih 2 menitan.

Disini teman -teman bisa lihat satu lagi untuk mengingatkan setting tempat fotonya, karena dalam memposisikan kertas fotonya berada di tengah jadi untuk settingan cetak fotonya harus berada di tengah. Centang bagian Center Image lalu bagian top nya ubah jadi 0 sisi kanan dan kiri nya, tidak usah di ubah lalu klik Ok. Sekarang pertanyaannya kenapa tidak memilih printer dengan 6 tangki tinta kenapa menggunakan 4 tangki tinta? Jadi, pertama yaitu untuk printer 6 tangki tinta cukup mahal yah jika harganya dua kali atau tiga kali lipat dari printer yang 4 warna. Kemudian, yang kedua untuk biaya operasionalnya juga sangat mahal di lokasi saya untuk satu tinta warna contoh yang saya gunakan kemarin adalah Epson L800 untuk satu tinta harganya Rp. 140.000 jadi kalau ke enamnya habis bersamaan itu hampir satu juta untuk mengeluarkan biaya untuk tintanya saja. Jadi agak mahal yah. Kemudian yang ketiga, kenapa saya pilih printer 4 tangki tintanya karena untuk kebutuhan studio foto, printer dengan 4 tangki tinta sudah cukup untuk studio mengcover semua kebutuhan yang ada di studio ini. Kemudian, yang ke empat adalah lokasi saya yang kurang mendukung, jadi bagi teman-teman yang lokasinya yang belum mendukung untuk membangun usaha cetak foto usahakan jangan dulu membeli printer yang mahal, karena akan kurang efisien dalam penggunaan printer. Printer yang mempunyai 6 tangki tinta itu otomatis dia memiliki kecepatan cetak foto yang cepat dan kualitas fotonya juga bagus ya, jadi jika teman-teman memiliki lokasi percetakan foto belum bagus, maksudnya.

Usaha teman-teman belum menghasilkan cetakan foto dalam sehari sampai satu rim, mungkin untuk saat ini teman-teman bisa menggunakan Epson atau print yang 4 warna dlu L1110 seperti kami masih menggunakan printer 4 warna. Kelima, kami juga sudah ada kerja sama dengan percetakan jadi jika ada kerjaan cetak foto banyak tinggal kami kirim kemudian besoknya dikirim ke studio. Jadi, contoh ada cetakan untuk ukuran besar seperti 20R dan 24R jadi itu kita kirim ke percetakan ada bagusnya juga kalau kita bekerja sama dengan percetakan foto yang besar. Ke enam, yaitu pengalaman saya untuk menggunakan printer enam tangki tinta jadi dulu saya punya printer Epson L800 yang enam tangki tinta sekarang tinggal digudang. Jadi, tidak digunakan lagi karna sudah tidak beroperasi banyak sudah beroperasi keras sehingga saya tidak menggunakan lagi Ok.

Jadi, rekomendasi untuk teman-teman untuk memulai usaha cetak foto dan mau cari printer untuk cetak foto saran saya, mulai dari beberapa tahun lalu pertama menggunakan Canon kemudian saya coba ke Epson dan dan Alhamdulillah sampai sekarang saya masih menggunakan printer Epson untuk mencetak foto yah jadi ini bukan endors tapi ini memang betul adalah pengalaman saya dalam usaha cetak foto kecil-kecilan, waktu saya cetak foto di rumah sehingga bisa membangun studio seperti sekarang Ok. mungkin itu saja postingan kali ini semoga ini bermanfaat.

Sumber : https://youtu.be/hJKvSdBr-ak

Detail Pemesanan

Printer yang Bagus dan Murah untuk Cetak Foto
Printer yang Bagus dan Murah untuk Cetak Foto
Jumlah: : :
Sub-Total :

*Belum termasuk Ongkos kirim

check_circle_outline Produk Lainnya